Defini Komunikasi dan Karakteristiknya - Ukhy Knowledge

Wednesday 25 February 2015

Defini Komunikasi dan Karakteristiknya

Definisi Komunikasi

Komunikasi dalam bahasa inggrisnya “Communication” yang artinya berbagi atau menjadikan sesuatu menjadi milik bersama. Komunikasi adalah proses berbagi atau sharing yang dilakukan oleh kedua pihak yag melakukan komunikasi tersebut.
Komunikasi adalah suatu proses individu yang berupaya untuk berbagi atau menyampaikan sesuatu untuk suatu tujuan tertentu. Yang mana kedua individu atau lebih dituntut untuk berpartipasi atau bekerjasama dalam menyampaikan sesuatu. Dan dalam penyampaian tersebut pelaku menggunakan lambang-lambang tertentu, seperti bahasa yang verbal yaitu suatu rangkaian kata, kalimatdan lain-lain. Dan proses ini mebersifat Transaksional, yaitu para pelaku dituntu untuk saling menerima dan saling memberi atau sebaliknya.
Menurut Laswell “Communications is Who? Say What? Which In Channel? To Whom? How About the Effect?” jadi Komunikasi menurut laswell adalah Siapa yang berbicara? Apa yang di katakan? Dalam siaran mana? Kepada siapa? Apa akibatnya perkataan tersebut?

Karakteristik Komunikasi
1.      Komunikasi adalah Suatu Proses, serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan.
2.      Komunikasi adalah suatu upaya yang sengaja dan mempunyai tujuan, Yaitu Komunikasi dilakukan secara sadar dan mempunyai suatu tujuan atau kepentingan tertentu.
3.      Komunikasi menuntut adanya partisipasi atau kerjasama dari pelaku
4.      Komunkasi bersifat symbolis, komunikasi dilakukan dengan lambang-lambang. Lambang yang biasa digunakan oleh manusai dalam berkomunilasi adalah bahasa yang verbal yaitu seperti serangkaian kata, kalimat dan lain-lain.
5.      Komunikasi bersifat Transaksional, dengan berkomunikasi maka pelaku secara otomatis akan dituntut untuk saling memberi dan saling menerima.


No comments: