Definisi Psikologi Sosial, Fokus Utama, Ruang Lingkup, Hubungan Dengan Ilmu Lainnya, dan Arah Perkembangannya - Ukhy Knowledge

Saturday 7 March 2015

Definisi Psikologi Sosial, Fokus Utama, Ruang Lingkup, Hubungan Dengan Ilmu Lainnya, dan Arah Perkembangannya

DEFINISI PSIKOLOGI SOSIAL

1. Hartley dan Hartley, Psikologi Sosial adalah ilmu pengetahuan sosial yang melihat perilaku individu dalam konteks interaksi sosial.
2. Sherif dan Muzfer, Psikologi Sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman dan perilaku individu yang berkaitan dengan stimulasi situasi sosial.
3. Allport (1968), Psikologi Sosial adalah upaya untuk memahami dan menjelaskan bagaimana pikiran, perasaan dan perilaku individu terpengaruh oleh kehadiran orang lain.
4. Shaw & Constanzo (1970), Psikologi Sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku individual sebagai fungsi stimulus-stimulus sosial.
5. Baron dan Byrne (1997), Psikologi Sosial adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami asal-usul dan sebab-sebab terjadinya perilaku dan pemikiran individual dalam konteks situasi sosial.
6. Myers (2003), Psikologi Sosial adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia berpikir, pengaruhnya, dan hubungannya satu dengan yang lain.
7. Aronson, Wilson, dan Akert (2005), Psikologi Sosial adalah ilmu yang mempelajari bagaimana orang berpikir, berperasaan, dan berperilaku yang dipengaruhi kehadiran nyata atau diimajinasikan dari orang lain.

            Dari berbagai pandangan para ahli diatas tentang Psikologi Sosial, dapat disimpulkan bahwa pengertian Psikologi Sosial adalah ilmu pengetahuan sosial yang menjadi bagian dari Psikologi yang secara khusus mempelajari perilaku individu, bagaimana individu tersebut berpikir dan berperasaan; keterkaitan yang saling mempengaruhi antara berperilaku, berpikir, dan berperasaan; saat individu berperilaku, berpikir, dan berperasaan juga dipengaruhi oleh interaksi sosial, kehadiran nyata atau diimajinasikan dari orang lain maupun situasi sosial.

FOKUS UTAMA DAN RUANG LINGKUP PSIKOLOGI SOSIAL

·                                      Psikologi Sosial mengkaji pembentukan atau tumbuhnya perilaku yang merupakan hasil korelasi dari kepribadian dan lingkungan.

·                                   Fokus utama dari Psikologi Sosial berkaitan dengan pemahaman mengenai bagaimana dan mengapa individu berperilaku, berpikir, dan memiliki perasaan tertentu dalam situasi sosial.
·         Ruang lingkup Psikologi Sosial adalah perilaku individu, sebab-sebab perilaku, bentuk perilaku, dan pikiran sosial.

PSIKOLOGI SOSIAL DIANTARA ILMU-ILMU LAIN
  1. ·         Psikologi Sosial dengan Sosiologi
  2. ·         Psikologi Sosial dengan Antropologi
  3. ·         Psikologi Sosial dengan Biologi


ARAH PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SOSIAL
  1. ·         Fokus pada aplikasi
  2. ·         Melibatkan perspektif  keragaman budaya dan mempertimbangkan secara penuh keberagaman sosial
  3. ·         Dalam konteks ke-Indonesia-an, arah perkembangan Psikologi Sosial menekan perspektif multikultural, memperhatikan faktor etnis, melibatkan nilai-nilai budaya, dan keragaman sosial

No comments: