Kenapa Setiap Negara Membutuhkan Hukum - Ukhy Knowledge

Friday 5 June 2015

Kenapa Setiap Negara Membutuhkan Hukum

·         Hukum bertujuan menyelaraskan interaksi antar manusia berupa peraturan yang harus dilaksanakan dan ditaati oleh setiap pribadi maupun kelompok. Tanpa adanya hukum maka setiap pribadi maupun kelompok boleh bertindak semau-maunya dengan akibat benturan antar pribadi maupun kelompok tidak dapat dihindari.

·         Hukum juga sebagai alat politik untuk memerintah negara
·         Menurut pendapat saya Negara dan Hukum saling membutuhkan karena Negara memerlukan hukum untuk sejahtera dan hukum itu berfungsi untuk mengikat dan mengatur tata tertib Negara. Jika tidak di tetapkan hukum di suatu Negara, maka suatu Negara tersebut beserta rakyat – rakyatnya tidak akan menjadi suatu Negara yang berdaulat dan sejahtera. Jika terdapat hukum maka suatu Negara akan tunduk kepada hukum dan memiliki suatu Negara yang berdaulat dan pastinya memiliki tujuan bangsa.

·         Untuk dapat memenuhi kebutuhan hukum bagi masyarakat Indonesia di masa ini dan masa yang akan datang dalam rangka membangun masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945 yang mempunyai tujuan negara yang berorientasi pada konsep negara kesejahteraan dengan sendirinya hukumnya akan mengarah pada pencapaian tujuan hukum tersebut

No comments: