Shalat Wanita di Masjid Ternyata Kalah Utama dengan Shalat Wanita dirumahnya - Ukhy Knowledge

Friday 2 March 2018

Shalat Wanita di Masjid Ternyata Kalah Utama dengan Shalat Wanita dirumahnya

Benarkah Shalat Wanita Di Masjid Lebih Utama?

Manakah yang lebih baik, shalat wanita berjamaah di masjid, ataukah shalat sendirian di rumah?

Jawabannya, shalat bagi wanita yang terbaik adalah di rumahnya. Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi ï·º bersabda:


“Shalat seorang wanita di kamar khusus untuknya lebih afdhal daripada shalatnya di ruang tengah rumahnya. Shalat wanita di kamar kecilnya (tempat simpanan barang berharganya, pen.) lebih utama dari shalatnya di kamarnya.” [HR. Abu Daud, no. 570. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadis ini Dhaif. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadis ini Shahih. Lihat pengertian hadis ini dalam ‘Aun Al-Ma’bud, 2: 225).


Artinya, tempat shalat wanita di dalam rumah semakin tidak terlihat dan jauh dari ikhtilath (campur baur dengan lawan jenis), akan semakin utama. Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah ï·º bersabda:


“Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah di bagian dalam rumah mereka.” [HR. Ahmad, 6: 297. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadis ini Hasan dengan berbagai penguatnya]
.
Image may contain: text
Wanita Shalat DI Masjid
Namun jika wanita ingin melaksanakan shalat berjamaah di masjid selama memperhatikan aturan seperti menutupi aurat dan tidak memakai harum-haruman, maka janganlah dilarang. Dari Salim bin ‘Abdullah bin ‘Umar bahwasanya ‘Abdullah bin ‘Umar berkata, “Aku mendengar Rasulullah ï·º bersabda:

“Janganlah kalian menghalangi istri-istri kalian untuk ke masjid. Jika mereka meminta izin pada kalian maka izinkanlah dia.” [HR. Muslim, no. 442]

Ada tiga syarat yang mesti dipenuhi ketika seorang wanita ingin shalat berjamaah di masjid:

(1) Menutup aurat,

(2) Tidak memakai minyak wangi,

(3) Harus mendapatkan izin suami. [Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid dalam Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab, no. 3457]

SHARE 🔥🔥🔥
Semoga Bermanfa'at

No comments: