7 macam persahabatan, namun hanya 1 yang sampai hingga Akhirat. - Ukhy Knowledge

Monday 26 February 2018

7 macam persahabatan, namun hanya 1 yang sampai hingga Akhirat.


Pernahkah kita bertanya siapa teman kita nanti di surga? Atau apakah nanti di surga kita akan bertemu kembali dengan teman di dunia. Kita simak berikut ini.


7 macam persahabatan, namun hanya 1 yang sampai hingga Akhirat.


1. “Ta’aruffan”, adalah persahabatan yang terjalin karena pernah berkenalan secara kebetulan, seperti pernah bertemu di kereta api, halte, rumah sakit, kantor pos, ATM, masjid dan lainnya.

2. “Taariiihan”, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor sejarah, misalnya teman sekampung, satu almamater, pernah kost bersama, diklat bersama, sekolah bersama dan sebagainya.

3. “Ahammiyyatan”, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor kepentingan tertentu, seperti bisnis, politik, boleh jadi juga karena ada maunya dan sebagainya.

4. “Faarihan”, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor hobbi, seperti teman futsal, berburu, memancing, berburu sambil memancing dan sebagainya.

5. “Amalan”, adalah  persahabatan yang terjalin karena satu profesi, misalnya sama-sama dokter, guru, dan sebagainya.

6. “Aduwwan”, adalah seolah sahabat tetapi musuh, didepan seolah baik tetapi sebenarnya hatinya penuh benci, menunggu, mengincar kejatuhan sahabatnya…

“Bila engkau memperoleh nikmat, ia benci, bila engkau tertimpa musibah, ia senang” (QS 3 : 120)

7. “Hubban Iimaanan”, adalah sebuah ikatan persahabat yang lahir batin, tulus saling cinta dan sayang karena ALLAH, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-diam dipenghujung malam, ia doakan sahabatnya.

Image result for berteman sampai surga
Kawan Terbaik

.
Boleh jadi ia tidak bertemu tetapi ia cinta sahabatnya karena Allah Ta’ala.
.
Dari ke 7 macam persahabatan diatas, 1 – 6 akan sirna di akhirat. Yang tersisa hanya ikatan persahabatan yang ke 7, yaitu persahabatan yang dilakukan karena Allah…
.

“Teman-teman akrab pada hari itu (Qiyamat) menjadi musuh bagi yang lain, kecuali persahabatan karena Ketaqwaan” (QS 43 : 67).

Selalu saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran.
.
Semoga kita semua diberikan Allah dengan teman yang sholeh dan shalihah di dunia, aamiin. Karena merekalah yang akan selalu mengingatkan kita berupaya membawa kita ke surga dan menggapai ridha-Nya.


Share ke sahabat anda yah :)


No comments: